Petunjuk Pengguna

Halaman ini berisi petunjuk pengguna laman bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id.

Daftar petunjuk:

  1. Petunjuk Umum
  2. Login atau Membuat Tiket Pertama Kali
  3. Membuat Tiket Baru
  4. Merespon Tiket
    1. Membalas Tiket
    2. Menutup Tiket
  5. Memberi Penilaian Layanan Tiket Bantuan

1. Petunjuk Umum

Layanan Informasi dan Bantuan LPDP merupakan layanan bagi masyarakat dan penerima layanan LPDP untuk mendapatkan informasi mengenai program layanan LPDP. Sebelum bertanya kepada Customer Service Officer atau Call Center LPDP, pengguna laman diharapkan dapat terlebih dahulu mencari informasi yang dibutuhkan melalui beranda dengan memasukkan kata kunci atau pertanyaan yang diinginkan. Pengguna juga dapat memilih kategori informasi yang tersedia untuk melihat daftar informasi (FAQ) yang tersedia di laman ini.

Petunjuk Beranda
Gambar 1.1 – Halaman Beranda Laman Layanan Informasi dan Bantuan LPDP

Jika Anda tidak menemukan informasi yang Anda butuhkan, Anda dapat membuat tiket bantuan yang terletak di pojok kanan atas halaman beranda.

Menu tiket bantuan
Gambar 1.2 – Menu Halaman Tiket Bantuan

  Kembali ke atas

2. Login atau Membuat Tiket Pertama Kali

Login

Jika Anda sudah pernah membuat tiket bantuan sebelumnya di laman bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id, Anda dapat melakukan login melalui halaman login yang tersedia. Isi nama pengguna atau email Anda, isi sandi, kemudian klik tombol login. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman daftar tiket bantuan.

petunjuk-login
Gambar 2.1 – Halaman Login

Jika Anda lupa sandi, silakan klik tautan “Lupa sandi Anda?”. Anda akan diarahkan ke halaman lupa sandi dan diminta untuk melengkapi email Anda. Selanjutnya, sebuah petunjuk akan dikirimkan ke email Anda. Ikuti petunjuk pada email tersebut untuk mendapatkan sandi baru Anda.

Membuat Tiket Pertama Kali

Jika Anda belum pernah membuat tiket bantuan sebelumnya, silakan klik tautan “klik di sini untuk membuat tiket pertama kali” yang terdapat di bawah halaman login. Anda akan diarahkan ke formulir pengisian data awal untuk membuat tiket. Lengkapi isian formulir dengan nama lengkap, email, dan sandi Anda, kemudian klik tombol kirim. Anda akan diarahkan ke halaman daftar tiket bantuan.

Pastikan email yang Anda masukkan benar. Semua pemberitahuan/notifikasi terkait tiket bantuan yang Anda buat akan dikirim ke email tersebut.

petunjuk buat tiket pertama kali
Gambar 2.2 – Form Membuat Tiket Pertama Kali

  Kembali ke atas

3. Membuat Tiket Baru

Setelah Anda berhasil login, halaman daftar tiket bantuan akan muncul. Untuk membuat tiket bantuan baru, klik tombol “Buat Tiket Baru”.

petunjuk buat tiket baru
Gambar 3.1 – Halaman daftar tiket

Anda akan diarahkan ke form pembuatan tiket baru seperti berikut.

petunjuk form pembuatan tiket

Gambar 3.2 – Form Pembuatan Tiket Baru

Lengkapi formulir di atas, kemudian klik tombol “Kirim Tiket Bantuan”.

Catatan: Anda dapat melampirkan file pada tiket bantuan Anda dengan klik tautan “Lampirkan file ke tiket bantuan ini”. Ukuran maksimal file adalah 10 MB dengan tipe file yang diizinkan: jpg, jpeg, png, pdf, doc, docx, ppt, pptx, xls, xlsx, mp4, mov, wmv, avi, mpg, zip.

Setelah Anda membuat tiket bantuan, sebuah konfirmasi akan dikirimkan ke email Anda. Anda dapat memantau tiket bantuan dengan melihat halaman daftar tiket Anda atau dengan memantau email Anda. Pemberitahuan akan dikirimkan ke email jika LPDP memberikan respon terhadap tiket bantuan Anda.

Catatan: Status tiket bantuan setelah Anda membuat tiket baru adalah: “Tiket Baru”, yang berarti tiket telah diterima oleh LPDP dan belum mendapat balasan dari LPDP

  Kembali ke atas

4. Merespon Tiket Bantuan

Setelah tiket dibalas oleh LPDP, status tiket bantuan Anda akan berubah menjadi “Sudah dibalas LPDP”. Anda dapat memberikan respon pada tiket dengan membalas tiket tersebut (jika merasa pertanyaan Anda belum terjawab) atau menutup tiket (jika merasa pertanyaan Anda sudah terjawab).

a. Membalas Tiket Bantuan

Anda dapat membalas tiket bantuan dengan membalas langsung pesan yang Anda terima melalui email atau dengan melakukan login ke akun Anda dan memilih tiket bantuan yang ingin dibalas.

Membalas Melalui Laman

petunjuk daftar tiket

Gambar 4.1 – Daftar Tiket Bantuan dengan Tiket yang Sudah Dibalas oleh LPDP

Klik pada tiket bantuan yang ingin Anda balas. Anda akan diarahkan ke halaman detail tiket bantuan.

petunjuk cara balas
Gambar 4.2 – Cara Membalas atau Menutup Tiket

Untuk membalas tiket, ketik balasan Anda pada kotak yang tersedia seperti pada gambar 4.2, kemudian klik tombol “Kirim Balasan Tiket”. Anda dapat melampirkan file pendukung dengan klik ‘Lampirkan file ke tiket bantuan ini’.

Membalas Melalui Email Secara Langsung

Anda dapat membalas respon tiket bantuan dari LPDP tanpa perlu melakukan login ke akun Anda. Anda cukup memberikan balasan dengan menekan tombol balas/reply melalui layanan email yang Anda gunakan.

petunjuk balas melalui email
Gambar 4.3 – Membalas Tiket Bantuan Melalui Email Anda Secara Langsung (gambar di atas merupakan tampilan email menggunakan Gmail – Layanan email dari Google)

Email yang Anda kirimkan dengan cara seperti gambar 4.3 akan secara otomatis masuk ke laman ini dan menjadi balasan tiket bantuan. Jika Anda melampirkan file pada email, file tersebut juga akan masuk ke laman ini pada tiket bantuan Anda.

b. Menutup Tiket Bantuan

Anda dapat memberikan respon pada tiket bantuan dengan menutup tiket bantuan. Hal ini dilakukan ketika pertanyaan atau permasalahan pada tiket bantuan Anda telah terjawab atau terselesaikan oleh LPDP. Untuk menutup tiket bantuan, masuk ke tiket bantuan yang ingin ditutup (seperti pada gambar 4.1) kemudian klik tombol “Tutup” pada bagian atas detail tiket bantuan Anda (seperti pada gambar 4.2) .

  Kembali ke atas

5. Memberi Penilaian Layanan Tiket Bantuan

Setelah Anda menutup tiket, akan muncul jendela penilaian atas pelayanan Customer Service Officer kami pada tiket bantuan yang Anda buat seperti pada gambar 5.1.

petunjuk berikan penilaian
Gambar 5.1 – Penilaian atas Layanan Tiket Bantuan Melalui Laman

Jika Anda melewati langkah penilaian seperti dijelaskan di atas atau jika tiket bantuan Anda tertutup secara otomatis oleh sistem, Anda akan menerima email untuk memberikan penilaian atas pelayanan Customer Service Officer kami pada tiket bantuan yang Anda buat.

petunjuk nilai
Gambar 5.2 – Penilaian atas Layanan Tiket Bantuan Melalui Email

Kami berharap Anda dapat meluangkan waktu Anda (kurang dari 1 menit) untuk dapat memberikan penilaian terhadap layanan tiket bantuan yang telah Anda terima.

  Kembali ke atas