Skip to main content

Kriteria dan prosedur perpanjangan masa studi tahun keempat bagi Penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Dalam Negeri dan Luar Negeri - Knowledgebase / Program Beasiswa (Penerima) - Layanan Informasi dan Bantuan LPDP

Kriteria dan prosedur perpanjangan masa studi tahun keempat bagi Penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Dalam Negeri dan Luar Negeri

Penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Program Doktoral yang mendapatkan pembiayaan 3 (tiga) tahun dapat diberikan perpanjangan masa studi apabila memenuhi kriteria sebagai berikut. 

a.        Perpanjangan masa studi diberikan hanya bagi Penerima BUDI yang belum menyelesaikan studinya pada tahun ketiga; 

b.        Penerima BUDI Dalam Negeri telah lulus ujian proposal disertasi paling lambat pada akhir semester keenam; 

c.        Penerima BUDI Luar Negeri telah lulus ujian konfirmasi PhD/PhD Candidacy atau menerima penilaian dari Pembimbing Penelitian atau Tugas Akhir bahwa Penerima BUDI Luar Negeri memiliki capaian studi sesuai dengan standar yang diperlukan untuk jenjang Doktoral; 

d.        Mendapatkan rekomendasi dari Pembimbing Penelitian atau Tugas Akhir agar Penerima BUDI Dalam Negeri mendapatkan perpanjangan masa studi yang disampaikan melalui format surat rekomendasi perpanjangan masa studi. 

e.        Perpanjangan masa studi bagi Penerima BUDI diberikan sesuai dengan jadwal rencana penyelesaian studi yang disetujui oleh Pembimbing Penelitian atau Tugas Akhir dan/atau pihak universitas dengan ketentuan maksimal 1 (satu) tahun. 

f.        Apabila Penerima BUDI belum memenuhi ketentuan pada huruf b sampai d selambat-lambatnya pada akhir semester keenam, LPDP akan memberikan keputusan terhadap perpanjangan masa studi Penerima BUDI setelah melakukan evaluasi mendalam dan melakukan komunikasi dengan Pembimbing Penelitian atau Tugas Akhir atau Perguruan Tinggi Tujuan.  


Prosedur pengajuan perpanjangan masa studi BUDI sebagai berikut: 

a.        Penerima BUDI menyampaikan pengajuan perpanjangan masa studi dengan membuat Tiket Bantuan melalui bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id sebelum semester ke-enam. 

b.        Penerima BUDI melampirkan dokumen perpanjangan seperti Surat Permohonan Perpanjangan Masa Studi BUDI, LoA Unconditional durasi terbaru, Surat Rekomendasi Pembimbing Penelitian atau Tugas Akhir atau Pembimbing Akademik, Rencana Studi (Study Plan), Dokumen yang menyatakan Penerima Beasiswa lulus ujian proposal disertasi paling lambat pada akhir semester keenam bagi Penerima BUDI Dalam Negeri atau telah lulus ujian konfirmasi PhD/PhD Candidacy bagi Penerima BUDI Luar Negeri, dan  berkas pendukung lainnya. 

c.        LPDP akan memeriksa kelengkapan pengajuan perpanjangan masa studi. 

d.        Jika dokumen tidak lengkap, LPDP akan menginformasikan kepada Penerima Beasiswa untuk melengkapi kekurangan dokumen melalui bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id. 

e.        Pengajuan yang telah lulus verifikasi akan disampaikan kepada pejabat terkait di Direktorat yang membidangi beasiswa untuk mendapatkan keputusan. 

f.        LPDP akan menyampaikan hasil keputusan perpanjangan masa studi kepada Penerima Beasiswa. 

g.        Permohonan perpanjangan masa studi BUDI disampaikan kepada LPDP setiap tanggal 1-5 dan keputusan atas permohonan tersebut akan disampaikan setiap tanggal 15.  

Sangat Membantu Kurang Membantu